Kemendagri Gencar Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital

  • BY IRNI
  • ON 02 DESEMBER 2022
  • 156 DIBACA
  • BERITA
https://disdukcapil.pontianak.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3118250421_11.JPG

Jakarta - Ditjen Dukcapil Kemendagri serius sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital kepada masyarakat melalui Zoom Meeting dan Youtube Channel  Dukcapil KDN pada sesi Dukcapil Menyapa Masyarakat Seri 45, Sabtu (26/11/2022).

Diskusi dengan tema ”Layanan IKD (Identitas Kependudukan Digital)” ini dibuka oleh Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Erikson P. Manihuruk, dengan narasumber Kasubdit Pengelolaan Data Center dan Disaster Recovery Center Mensuseno dan Kasubdit Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Nurlailawati.

Direktur Erikson mengungkapkan, IKD atau lebih dikenal dengan KTP Digital merupakan transformasi dokumen identitas kependudukan dari bentuk fisik menjadi digital baik KTP-el, Kartu keluarga maupun dokumen kependudukan lainnya.” ujarnya.

“IKD juga akan terintegrasi jika Bapak/Ibu sahabat Dukcapil memiliki BPJS, NPWP maupun dokumen lainya, sehingga ke depannya akan mudah melakukan transaksi menggunakan KTP Digital," pungkas Erikson 

Pada kesempatan itu, Nurlailawati selaku narasumber mengungkapkan konsep KTP Digital merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Lebih lanjut Nurlailawati menjelaskan, KTP  Digital memuat unsur Data Keluarga, Dokumen Kependudukan, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, dan Histori Aktivitas yang dilakukan pengguna KTP Digital dan lainnya,” imbuhnya

Mensuseno kemudian melakukan demonstrasi mengenai cara penggunan Identitas Kependudukan Digital mulai dari awal masuk aplikasi hingga fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi KTP Digital tersebut.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dalam berbagai kesempatan menekankan bahwa implementasi IKD mulai diterapkan bertahap pada OPD di masih-masing daerah sebelum mulai diaplikasikan secara massal kepada masyarakat.

Penerapan Identitas Kependudukan Digital ini juga sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam berbagai kesempatan, agar jajarannya di Dukcapil terus berkembang dan mencetuskan beragam inovasi demi memudahkan layanan adminduk bagi penduduk.

Sumber : di sini

Tags Terkait

Disdukcapil